CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 09 Januari 2019

Paragon Goes to Campus

Ini late post banget..tapi nggak papa kan ya..semoga matternya bermanfaat

15 November 2018 tepat hari kamis dan waktu itu jadwal kuliah pagi. Sebenarnya ada seminar Paragon Goes to Campus MIPA kolaborasi alumni MIPA dan dari pihak Paragon Technology and Innovation yang acaranya mulai jam 8.00 untuk open gate. Nah, karena kelas pagi itu nggak jelas dosennya dateng apa enggak pasalnya kelas udah kosong tanpa dosen lebih dari setengah jam. Waktu itu, daripada garing kan nggak jelas maka Early ajakin temen yang namanya Elma yang waktu itu niatnya seat in untuk ikutan kelas pagi itu. Eh ya, sebenarnya seminarnya awalnya mau diadakan bukan di hari kamis dan jam pagi tapi karena ada perubahan jadwal mendadak terkait peminjaman ruang di MIPA, akhirnya acara itu diselenggarakan di Ruang seminar lantai 2 KPFT Fakultas Teknik UGM di hari kamis. Well, ya akhirnya Early sama Elma langsung cuzz boncengan naik motor ke sana. Awalnya Elma masih bingung tuh acara apa ngapain ke Teknik? Dan Early pun menjelaskan ini acara dari Paragon itu yang produk terkenalnya Wardah, ya acara kayak sharing-sharing dari Alumni tentang perusahaan ini. Elma pun ya terlihat cukup tertarik ajalah daripada ya dia udah dandan rapi mau seat in tapi kelasnya kosong hehehe. Oke, akhirnya kami tiba di TKP meski agak telat dari open gate tapi acara inti belum mulai. Senengnya tuh Elma sama aku dapat goodie bag bagus dari Paragon hehehe. Nggak rugi kan El...

Oke jadi, karena namanya Paragon goes to campus jadi intinya ya mengenalkan perusahaan Paragon Technology and Innovation (PTI) kepada para mahasiswa khususnya mereka yang akan segera berkarir. Nah, tapi sayangnay gara-gara acaranya di teknik dan terksesan judulnya jadi Paragon Goes To Campus Teknik maka pengisinya juga alumni fakultas teknik (padahal niatnya juga pengen tahu alumni MIPA yang kerja di Paragon dan bagaimana karirnya). Early sama Elma juga nggak ikut full acara ini masalahnya ada kelas lagi jam 11.30. Meski demikian kami tetap menikmati acara ini apalagi Elma suka banget sama teaser awal tentang lingkungan kerja Paragon yang terkesan perusahaan in nyaman dan ramah banget dengan dunia anak muda. Selanjutnya acara mulai dibuka dengan MC dari perwakiilan Paragon lalu dilanjutkan dari pembicara pertama yang lebih menekankan tentang sisi bisnis PTI dan prospeknya.
Suasana di acara Paragon Goes To Campus

Indonesia saat ini masuk dalam 15 besar beauty industry potential. Kenaikan beauty industry di asia-pasifik mencapai 7-8%. Di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia dan kenaikan taraf hidup serta kelompok masyarakat kelas menengah maka kebutuhan akan kosmetik terutama beauty cosmetic juga turut meningkat. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat kelas tersebut sudah terpenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya sehingga akan cenderung memenuhi kebutuhan tersier yang terkait dengan penampilan. Saat ini kenaikan industri juga disebabkan trend tidak hanya dari gaya hidup. Bisnis paragon sebagai perusahaan kosmetik juga merupakan kelompok industri andalan pemerintah dalam bidang industri nasional yakni farmasi dan kosmetik.  Sementara itu pasar kosmetik di Indonesia juga teramsuk tinggi yakni nomor dua setelah Thailand denagn presentase sebesar 23,26%.
Meski sudah termasuk perusahaan besar, PTI terus menjadi perusahaan yang bertumbuh. Di tahun 2018 pertumbuhan perusahaan ini lebih dari 40% (khusus untuk pertumbuhan prosuk lip sebesar 37% dari total pertumbuhan). Hal inilah yang menjadi niali plus PTI yang masih memilih dan memposisikan dirinya sebagai perusahaan yang terus bertumbuh. Meskipun perusahaan besar kalau untuk bertumbuh tentu lebih susah karena nilai yang didapat awalnya juga sudah tinggi berbeda dengan pertumbuhan UMKM.

Selanjutnya, dibahas tentang posisi pekerjaan sebagai sales manager. Bagian ini masuk dalam departemen komersial. Sales juga memprediksi penjualan. Untuk mengembangkan bisnis kebanyakan orang-orang sales masih terus dipertahankan. Bagain dari keluarga Commercial Department yaitu key account yakni akun-kun besar supermarket yang berlangganan memasok, lalu ada sales operation bertugas untuk memaintain hubungan customer dan toko-toko general, kemudian custimer marketing yang bekutat dengan strategi penjualan atau pemasaran, dan terakhir adalah activation and demand creation untuk memperkenalkan produk-produk perusahaan. Orang-orang yang bekerja di bagian ini perlu memiliki sifat komunikatif, leadership, entrepreneur, dan accomplishing.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan dari operation exelence in beauty industry yakni Mas Kukuh Damareza alumni Teknik Industri UGM. Di PTI ada 3 pabrik industri. Tugas bagian ini adalah merencenakan area manufacturing feature, dengan produksi sebesar 135jtpcs/tahun. Dari sisi industri PTI menekankan konsep tentang quality, cost, delivery, safety, morale, ditambahkan lagi yang membedakan yakni service, environment, dan flexibility. Namun, sayang penjelasan dair Mas Kukuh yang sempat Early tangkap ini aja, selebihnay Early dan Elma harus balik ke MIPA ngejar kuliah yang makhruh juga untuk bolos, tugas belajar tetep yang utama kan..hehehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar