Ini late post banget..tapi nggak papa kan ya..semoga matternya bermanfaat
15 November 2018 tepat hari kamis dan waktu itu jadwal kuliah
pagi. Sebenarnya ada seminar Paragon Goes to Campus MIPA kolaborasi alumni MIPA
dan dari pihak Paragon Technology and Innovation yang acaranya mulai jam 8.00
untuk open gate. Nah, karena kelas pagi
itu nggak jelas dosennya dateng apa enggak pasalnya kelas udah kosong tanpa
dosen lebih dari setengah jam. Waktu itu, daripada garing kan nggak jelas maka
Early ajakin temen yang namanya Elma yang waktu itu niatnya seat in untuk ikutan kelas pagi itu. Eh ya,
sebenarnya seminarnya awalnya mau diadakan bukan di hari kamis dan jam pagi
tapi karena ada perubahan jadwal mendadak terkait peminjaman ruang di MIPA,
akhirnya acara itu diselenggarakan di Ruang seminar lantai 2 KPFT Fakultas
Teknik UGM di hari kamis. Well, ya akhirnya Early sama Elma langsung cuzz
boncengan naik motor ke sana. Awalnya Elma masih bingung tuh acara apa ngapain
ke Teknik? Dan Early pun menjelaskan ini acara dari Paragon itu yang produk
terkenalnya Wardah, ya acara kayak sharing-sharing dari Alumni tentang
perusahaan ini. Elma pun ya terlihat cukup tertarik ajalah daripada ya dia udah
dandan rapi mau seat in tapi kelasnya kosong hehehe. Oke, akhirnya kami tiba di
TKP meski agak telat dari open gate
tapi acara inti belum mulai. Senengnya tuh Elma sama aku dapat goodie bag bagus dari Paragon hehehe.
Nggak rugi kan El...
Oke jadi, karena namanya Paragon goes to campus jadi intinya
ya mengenalkan perusahaan Paragon Technology and Innovation (PTI) kepada para
mahasiswa khususnya mereka yang akan segera berkarir. Nah, tapi sayangnay
gara-gara acaranya di teknik dan terksesan judulnya jadi Paragon Goes To Campus
Teknik maka pengisinya juga alumni fakultas teknik (padahal niatnya juga pengen
tahu alumni MIPA yang kerja di Paragon dan bagaimana karirnya). Early sama Elma
juga nggak ikut full acara ini masalahnya ada kelas lagi jam 11.30. Meski
demikian kami tetap menikmati acara ini apalagi Elma suka banget sama teaser
awal tentang lingkungan kerja Paragon yang terkesan perusahaan in nyaman dan ramah
banget dengan dunia anak muda. Selanjutnya acara mulai dibuka dengan MC dari
perwakiilan Paragon lalu dilanjutkan dari pembicara pertama yang lebih
menekankan tentang sisi bisnis PTI dan prospeknya.
Suasana di acara Paragon Goes To Campus |
Indonesia saat ini masuk dalam 15 besar beauty industry
potential. Kenaikan beauty industry di asia-pasifik mencapai 7-8%. Di tengah
pertumbuhan ekonomi Indonesia dan kenaikan taraf hidup serta kelompok
masyarakat kelas menengah maka kebutuhan akan kosmetik terutama beauty cosmetic juga turut meningkat.
Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat kelas tersebut sudah terpenuhi
kebutuhan-kebutuhan lainnya sehingga akan cenderung memenuhi kebutuhan tersier
yang terkait dengan penampilan. Saat ini kenaikan industri juga disebabkan
trend tidak hanya dari gaya hidup. Bisnis paragon sebagai perusahaan kosmetik
juga merupakan kelompok industri andalan pemerintah dalam bidang industri
nasional yakni farmasi dan kosmetik. Sementara
itu pasar kosmetik di Indonesia juga teramsuk tinggi yakni nomor dua setelah
Thailand denagn presentase sebesar 23,26%.
Meski sudah termasuk perusahaan besar, PTI terus menjadi
perusahaan yang bertumbuh. Di tahun 2018 pertumbuhan perusahaan ini lebih dari
40% (khusus untuk pertumbuhan prosuk lip sebesar 37% dari total pertumbuhan).
Hal inilah yang menjadi niali plus PTI yang masih memilih dan memposisikan
dirinya sebagai perusahaan yang terus bertumbuh. Meskipun perusahaan besar
kalau untuk bertumbuh tentu lebih susah karena nilai yang didapat awalnya juga
sudah tinggi berbeda dengan pertumbuhan UMKM.
Selanjutnya, dibahas tentang posisi pekerjaan sebagai sales
manager. Bagian ini masuk dalam departemen komersial. Sales juga memprediksi
penjualan. Untuk mengembangkan bisnis kebanyakan orang-orang sales masih terus
dipertahankan. Bagain dari keluarga Commercial Department yaitu key account
yakni akun-kun besar supermarket yang berlangganan memasok, lalu ada sales
operation bertugas untuk memaintain hubungan customer dan toko-toko general, kemudian
custimer marketing yang bekutat dengan strategi penjualan atau pemasaran, dan
terakhir adalah activation and demand creation untuk memperkenalkan
produk-produk perusahaan. Orang-orang yang bekerja di bagian ini perlu memiliki
sifat komunikatif, leadership, entrepreneur, dan accomplishing.
Sesi selanjutnya adalah pemaparan dari operation exelence in beauty industry yakni Mas Kukuh Damareza
alumni Teknik Industri UGM. Di PTI ada 3 pabrik industri. Tugas bagian ini
adalah merencenakan area manufacturing feature, dengan produksi sebesar
135jtpcs/tahun. Dari sisi industri PTI menekankan konsep tentang quality, cost,
delivery, safety, morale, ditambahkan lagi yang membedakan yakni service,
environment, dan flexibility. Namun, sayang penjelasan dair Mas Kukuh yang
sempat Early tangkap ini aja, selebihnay Early dan Elma harus balik ke MIPA
ngejar kuliah yang makhruh juga untuk bolos, tugas belajar tetep yang utama
kan..hehehe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar