CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 03 Februari 2013

Makna Lirik Lagu Bokuno Sakura-JKT 48 (part 2)


Teman-teman kali ini aku mau ngelanjutin postingan tentang makna lagu Bokuno Sakura dari JKT 48. Pokoknya kalau kalian perhatikan ternyata banyak sekali kan pesan moral yang didapat dari lagu ini. Mari kita telisik lagi bersama....

Sampai tujuan yang aku ingin
Terus jalan walau tak akan sampai
Di tengah mimpi air mata mengalir
Kuhapus dengan tangan ini

Pada bagian reff ini mengandung arti motivasi untuk terus berjuang dan berusaha meraih tujuan impian kita. Dilihat dari lirik //Sampai tujuan yang aku ingin// Terus jalan walau tak akan sampai// Larik ini bermaksud kita harus terus berusaha meraih tujuan kita. Meskipun itu terasa seperti mustahil. Tapi kita harus kuat, kita harus maju untuk terus berlari dan meraih apa yang kita citakan. Kemudian, dilihat dari lirik //Di tengah mimpi air mata mengalir//Ku hapus dengan tangan ini// Lirik ini bermaksud dalam perjalanan menuju apa yang kita impiakan pastilah ada hal-hal yang tidak disenangi. Tapi, hal-hal buruk kita harus segera lupakan, luka yang pernah kita rasakan harus segera dibuang. Kita harus segera membalikkan diri kita ke keadaaan normal hati dan pikiran untuk terus bisa berlari dengan fokus meraih impian kita.

Kakak kelas yang berlari di dekat
Menghantar bayangan yang panjang
Bunga sakura gugur dan meninggalkan ranting
Tahun depan bersemi lagi

Pada ending reff pertama ini yang saya maksud penyampaian pesan yang dituangkan dengan makna konotatif padahal biasanya dengan makna denotative yang lebih mudah dicerna seperti pesan-pesan sebelumya. Dari lirik ini saya bisa menafsirkan secara satu kesatuan artinya tidak bisa dipenggal tiap-tiap bait.

Jadi menurut saya, bait ini menceritakan bahwa kakak kelas sang remaja ini banyak dijadikan panutan atau pandangan kedepan seoarang remaja tersebut dilihat dari kata //menghantar bayangan yang panjang// maksudnya mungkin kakak kelas remaja ini memiliki banyak prestasi dan kebanggaan yang remaja ingin raih juga. Lalu, di lirik //bunga sakura gugur dan meninggalkan ranting//tahun depan tak sedih lagi//menyatakan bahwa kakak kelas remaja yang penuh prestasi tadi telah lulus dari sekolahya dan remaja itu tidak lagi sedih karena tahun depan saatnya dirinya menunjukan kebolehan dan meraih prestasi setinggi kakak kelas yang telah lulus tersebut. Karena mungkin saat kakak kelasnya belum lulus ada satu perlombaan yang malah dimenangkan kakak kelas sang remaja padahal sang remaja sudah berambisi dan giat agar bisa menang. Oleh karena itu lirik //tahun depan tak sedih lagi//lebih bermakna bahwa tahun depan, saat ada ajang/perlombaan itu lagi si remaja bisa menyebet kemenangan yang tahun lalu dimenangkan oleh kakak kelasnya yang sekarang sudah lulus.

Saat teriakan klub sepakbola telah berhenti
Aku memandang matahari senja yang terbenam, kesepian musim panas
Pikiran yang bimbang di persimpangan mimpi yang berhenti
Pada saat itu dirimu menepuk pundakku dan pergi melewatiku           
Sesuatu yang telah diajarkan punggung
Bahwa semua orang berlari dengan tempo yang berbeda

Bait ini secara keseluruhan menjelaskan, bahwa ada teman remaja yang memberikan semangat kepadanya ketika dirinya bimbang dengan situasi yang dihadapi, yakni ada seorang yang lulus lebih dulu darinya. Teman remaja ini memberikan suatu ajaran non formil dari kata kata //Menepuk pundakku/ dan pergi melewatiku/ Dalam konteks ini si teman remaja menyadarkan remaja agar jangan terlalu tenggelam dalam kebimbangan. Dan lirik selanjutnya //Sesuatu yang telah diajarkan punggung//Bahwa semua orang berlari dengan tempo yang berbeda// Itu bermaksdu bahwa teman remaja menasehati kalau kemampuan setiap orang berbeda-beda. Jadi, kita tidak boleh merasa minder.

Pada tujuan yang aku ingin
Langit biru menunggu diriku
Mana yang lebih dulu
Memutuskan pita
Bagaimanapun juga boleh

Selanjutnya pada bagian reff 2 ini mengandung makna motivasi yang sangat kuat, dari lirik //sampai tujuan yang aku ingin//langit biru menunggu diriku// saya bisa menggambarkan seorang remaja yang teguh dengan tujuan yang diimpikannya sampai menemukan destinasi dari semua keinginannya yakni masa depan yang cerah. Lirik selanjutya menggambarkan majas atau idiom yang saya sebut “agak mbingungi” ini. //mana yang lebih dulu memutuskan pita//bagaimanapun juga boleh// mungkin lirik ini bermakna kelapanngan remaja,siapa yang dulu memutuskan pita (lulus dulu) tidak masalah karena yang penting remaja itu sudah memiliki kesungguhan dan niat yang teguh untuk menggapai tujuan yang dia inginkan yakni masa depan yang cerah.

Kakak kelas yang berlari di dekat
Menghantar bayangan yang panjang
Bunga sakura yang tertinggal
Pati suatu hari, kan berkelana dari ranting

Nah, kalau di bagian ending reff kedua ada sedikit perbedaan penafsiran dengan ending reff 1 pada 2 larik terakhir.  Yaitu//Bunga sakura yang tertinggal// Pasti suatu hari kan berkelana dari ranting//. Larik ini bermaksud remaja yang belum lulus itu disambungkan dengan lirik-lirik sebelumnya //mana yang lebih dulu/memutuskan pita//bagaimanapun juga boleh//. Nah, ini adalah arti sambungannya yakni, remaja yang dengan kelapangan hati untuk memutuskan siapa yang lulus dia/orang lain dulu. Nah, si remaja ini akhirnya berkata bahwa dia yang belum lulus, pasti suatu hari juga akan lulus dan istilahnya akan melanglang buana dengan segala perbekalan (ilmu) yang sudah dimilikinya untuk mengarungi dunia dan menggenggam apa yang diinginkannya

Tuh, kan banyak pesan yang disampaikan dari lagu ini. Memang pada dasarnya semua lagu juga mengandung suatu pesan yang mungkin bisa tertutup oleh gaya bahasa yang penulis lagu gunakan. Nah, kita juga tidak hanya menikmati lagu itu saja tetapi memukan pesan moralnya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari. 

9 komentar:

  1. wah, kalo bisa lagu2 jkt lainnya dong ditafsirkan.... suka bgt ama artikelny, bagussss

    BalasHapus
  2. mksh..oke makasih sarannya. InsyaAllah waktu lain bisa deh ditafsarin...
    oh, ya jgn lupa follow blognya dong heheh

    BalasHapus
  3. keren dlm bnget maknanya...
    tapi gmna yg ini apakah benar ?

    Memperbaiki garis putih di lapangan sekolah Di bawah matahari aku berlari Hari-hari masa muda ( Di awal lirik menceritakan tentang kehidupannya dulu )

    Jalan milik kamu terbentang lurus dan terus memanjang ( dia memberikan motifasi kpd kita yg masih hidup. untuk terus mengjar mimpi )

    Angin yang sesaat bersama dengan debu Memori jauh di sana ( orang yg sudah meninggal hanya akan meninggalkan kenangan )

    Tidak ingin kalah dari siapapun Dengan siapakah diriku telah saling bersaing Sampai tujuan yg aku ingin. Terus jalan walau tak akan sampai Di tengah mimpi. ( sebuah mimpi yg hampir di capai. sirna karena meninggal dunia )

    Air mata mengalir Kuhapus dengan tangan ini. ( keluarganya menangis karna kepergian.nya )

    Kakak klas yg berlari d.dpan Menghantar bayangan yg panjang. ( Seseorang yg meninggalkan kuburan saat pemakaman.nya. dan kmbali k rumah mreka )

    Bunga sakura gugur dan meninggalkan ranting Tahun depan bersemi lagi. ( Di atas kuburan. Di beri taburan bunga. Ketika bunga tsb mulai layu. Ditabur bunga yg baru )

    Saat teriakkan klub spak bola telah berhenti. ( Saat doa" telah selesai )

    Aku memandang matahari. Senja yg terbenam Kesepian musim panas ( Semua orang meninggal.kan makam. Dan orang yg meninggal tsb hanya bisa memandang matahari sendiri Dan kmbali kesepian )

    Pikiran yg bimbang di persimpangan mimpi yg berhenti. ( Ketika meninggal. Smua orang pasti tidak akan bisa bermimpi lagi )

    Pada saat itu dirimu menepuk pundak.ku Dan prgi melewati.ku. ( Ketika itu ada seseorang yg datang memberikan do'a. Dan kmbali meninggalkannya )

    Sesuatu yang telah diajarkan punggung Bahwa semua orang berlari dengan tempo yang berbeda. ( sesuatu yg di ajarkan oleh panutan dia.

    bahwa semua orang pasti mati dengan keadaan yg berbeda )

    Pada tujuan yang aku ingin Langit biru menunggu diriku. ( sesuatu yg dia ingin tuju. tetapi akherat telah menunggu dia )

    Mana yang lebih dulu memutuskan pita Bagaimanapun juga boleh. ( dia berkata mati dengan cara bagaimanapun dia akan terima )

    Musim upacara kelulusan Di dalam dada pun angin bertiup ( saat upacara pemakaman. dia merasa seperti angin (menjadi arwah)

    Bunga sakura hari ini tercerai berai Di tempat memikirkanmu ( bunga ditaburkan di pemakaman.nya.)

    Sampai tujuan yang aku ingin Terus jalan walau tak akan sampai ( meskipun dia sudah tiada. tapi dia tetap ingin melanjutkan mimpinya. walaupun tidak akan pernah sampai )

    Di tengah mimpi air mata mengalir Ku hapus dengan tangan ini ( dia telah sadar di tengah mimpinya. kalau dia tidak akan pernah bisa mengejar mimpinya. maka dia menangis )

    Kakak kelas yang berlari di depan Menghantar bayangan yang panjang Bunga sakura yang tertinggal Pasti suatu hari kan berkelana dari ranting ( bunga sakura yg tertinggal(arwah dia) suatu hari akan berkelana dari ranting ( suatu hari arwah dia akan meninggalkan pemakamannya. (terbang ke akhirat).)

    serem :D maaf kepanjangan

    BalasHapus
  4. Lagu ini tentang member yang graduate , menurut saya

    BalasHapus
  5. @muhammad ramadhani: iya bisa jga maknanya begitu tergantung sih dari sudut pandang kita menangkapnya. tetapi makna yang anda sampaikan lebih ke pengibaratan lagu terlalu jauh karena sudah mengibaratkan ke subjek2 berbeda dari lirik lagu
    @badai otak: iya intinya itu jga tentang kelulusan yang menceritakan proses2 yg dilalui sbelum dan sesudah dia lulus.
    @all: jangan lupa untuk follow blog ini ya..terimakasih :)

    BalasHapus
  6. tapi, saya setujunya yg anda kemukakan ..

    BalasHapus
  7. ok, terimakasih. apakah anda termasuk salah satu penggemar JKT?

    BalasHapus
  8. @salma ihdin: maaf, tetapi kalau artinya suka dengan akkak kelasnya berarti kurang nyambung dengan makna awal tentang kelulusan dan mimpi seorang remaja

    Tetapi, jika anda menafsirkannya untu satu kalimat itu sendiri terlepas dari bait2 sebelumnya, maka bisa jadi persepsinya adalah remaja yang sebenarnya suak dengan kakak kelasnya.

    Meski demikian, terimasih atas tanggapan dan pendapatnya, boleh bantu untuk follow blog ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus