CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 01 Mei 2013

Menjelang UN 2013

NB: Sebenernya udah aku tulis sejak bulan Maret 2013 tapi baru dipublish sekarang heheh :))

Halo teman-teman semua ketemu lagi deh sama Early. sudah lama ya udah nggak nge-post, selain sibuk persiapkan UN, Early juga emang nggak ada waktu untuk ngutak-atik komputer sama gaara2 udah nggak ada tugas TIK yang ada kaitannya sama blog. Jadi, nggak minta posting lagi deh. 

Kali ini Early mau bagi cerita, ya sekedar relaksasi ajalah sebelum UN yang tinggal 20.an hari lagi. 
Alhamdulillah, kevakuman ku untuk nggak main di dunia maya membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Untuk TPM Kota I aku dapet rank 2 se-Kota ya awalnya aku juga nggak nyangka, karena aku mengerjakana soal itu ya dengan relax tapi tetep serius. Hmm..meskipun nggak dapat rank 1 tapi aku tetep bersyukur malahan peringkat itu membuatku untuk terus berpacu dan berjuang biar the final resultnya nanti dapat yang terbaik dan tertinggi. Tetapi, ya namanya juga belajar, latihan, dan kompetisi ya. Ada saatnya di atas dan terkadang turun. Untuk TPM 2 Kota nilaiku sebelumnya bisa minimal mempertahankanlah dari nilai TPM 1, cuma aja math aku nanggung banget salah 1, mungkin kalau math aku bisa 10.00 aku bisa tetep pertahanin nilai yang dulu. Tetapi, kemajuan yang lain, alhamdulillah di TPM 2 IPA ku dapat 10.00, alhamdulillah aku seneng banget. aku berharap nilai 10.00 ini juga tetep bisa bertahan di UN sesungguhnya nanti (Amiin). Selanjutnya di TPM terakhir TPM Provinsi nilai-nilai se-sekolah pada menurun.. ya aku juga kurang tau sih penyebabnya. Selain itu soalnya yang prov aku nya sih merasa mudah dan bisa mengerjakan. tapi entah mengapa hasilnya kurang memuaskan begitu. Teman-temanku juga merasakan sama ada sih yang nilainya meningkat, tapi masih dikategorikan rendah, ada juga yang turun banget. Alhadmulillah sih nilaiku masih dalam range tinggi meskipun menurun. aku berharap besok saat UN sesungguhnya nilainya benar-benar maksimal dan tertinggi lah Amiin ;)

Tapi yang buat agak  capek setelah TPM Provinsi langsung dilanjut Ujian Sekolah sampai minggu depannya. Ya, bisa dibayangkan lah ya, capai pikiran, otak, tenaga, dan fisik. Setiap pagi suruh mikir terus heheh..jadi cepet laper deh heheh. Antara Ujian Sekolah dan TPM sama2 pentingnya, tapi dalam hal ini kita tidak boleh meremehkan pelajaran non UN yang selama ini mungkin kita duakan dengan pelajaran UN. Jadi, untuk lulus percuma NEM tinggi kalau Uujian Sekolahnya tidak sesusai denga kriteria kelulusan. Oleh karena itu, di Ujian Sekolah ini aku tak kalah sungguh-sungguh dan seriusnya dalam belajar dan mempersiapkannya. Aku berharap nilai Ujian Sekolahku sama bagusnya dengan nilai UN ku nanti Amiin. 


Lepas dari maslah TPM2 gitu, aku juga ikut Try Out2 lokal yang diadakan SMA-SMA. Ya, niat aku sih untuk memperbanyak referensi dan pengalaman latihan soal. Pertama aku ikut Try Out di SSCI, aku berpikir SSCI kan bimbel, jadi referensi dan soal yang disodorkan pasti juga sesuai SKL lah, jadi kan nggak rugi mikir sama datenganya gitu soalnya soalnya kan udah sesuai. Nah, beberapa hari setelah atau sebelum, aku nggak tau kalau ada semacam science competition gtu di SMA 7 (kyknya). aku sama sekali nggak tau info itu, aku cek di papan pengumuman gtu juga nggak ada selebaran2, selain itu aku juga emang telat tahunya, karena nggak ada yang ngajakin, dan nggka ada yg tahu menahu gitu tentang itu. well, aku pun melupakannya. aku mengira mungkin ajang itu kayak exacta gitu yg soalnya susahnya melebihi soal OSK, kalau kayak gitu sh aku agak males juga, mending kan ikut T.O yg SSCI, yg jelas utk memperdalam soal2 UN. Tapi ternayata selidik punya selidik, science competition yg di SMA 7 itu cuma kayak T.O biasa soalnya cuma dari neut, tapi nama ajangnya aja tuh yg dibikin kayak keren gitu. ya Allah aku nyesel deh, kagak ikutan padahal kalau menang bisa dapet juara dan hadiah. Sedangkan keikutanku yg T.O di SSCI itu hanya sebatas T.O nggak dapet hadiah2 ;( Dan, nyebelinnya lagi...seorang yg udh menang di PSC dapet juara di ajang itu, padahal kalau aku ikut kan jga bisa nambah lawan dan saing, juga bisa dpt kemungkinan menang. huhuhu..tapi mungkin emang belum rejeki ya.. 

Setelah beberapa kali tau gitu acara T.o itu, ternyata kebanyakan T.O yang diselenggarakan SMA2 cuma dari bimbel2 gitu, soalnya ya kyk gitu, kyk rugi gitu, terutama bagi yg udah bimbel juga. soalnya mereka kan juga udh diksh soal dari bimbelnya yg ya sama2 persis lah dengan T.O yg diselenggarain SMA2. well, akhirnya aku memutuskan utk mengikuti T.O yg agak ordinary gitu lah, aku ikut T.O di SMA Stella Duce. Setalah aku dapet brosurnya ternyata T.O itu nggak bayar asyik kan heheh.. terus setelah dipikir dan dikira T.O itu juga bukan dari kerjasama sama bimbel2 gtu, jadi lebih asyik aja, dan menantang soalnya. Aku sih mengiranya soalnya dari penerbit Intan Pariwara, penerbit buku detik2 yg bukunya aja udh jadi incaran temen2ku. nah, melihat sponsornya kayak gtu aku udah seneng dan tertarik apalagi faktor gratisnya itu juga hehehe...selain itu juga, udah gratis kita bisa dapat hadiah yg super gila deh. Juara 1 nya bisa dpt Rp 4 jt, juara 2 2 jt, juara 3 1 jt. apa nggak mantap tuh money sebanyak itu ya lumayan kan buat bvekal SMA atay upgrade gadget gitu hheheheeh. Tapi, ya karena kehendak Allah yg belum mengijinkan, aku blm bisa menyebat uang2 itu (halah). Tapi, aku tetep merasa untung juga kan bisa mencari ilmu gratis hehehe..soalnya juga bagus2 nggak pasaran kayak yg sering ditemukan eheheh... tapi tetep sesuai SKL.

Lanjut ke T.O yg terakhir aku ikutin, Tes Uji Coba di SMA 1 Yk, kata mbk2nya sih T.O nya bukan dari bimbel2 gtu tapi buatan anak didik dibantu guru2 dan sdh disesuaikan SKL, mendengarnya aku agak seneng gtu, berarti soalnya bakal nggak pasaran. Terus yg menang bisa dpt hadiah lagi, apalagi hadiah utamanya samsung galaxy tab 2. wah, gmn nggak tertarik sama gadget itu hehehe... Setelah pikir2, meskipun bayar sih 20k tapi dengan fasilitas yg cukup banyak sama hadiah yg menarik, akhirnya aku ikut juga. meskipun aku udh sering berkunjung sih di SMA 1 heheh..nggak papa buat jalan2 itung2 gw jadi hapal gtu letak2 SMA 1, heheh. Try Out pun aku kerjakan dengan sebaik mungkin tapi nggak nervous2 amat sih takutnya entar malah nggak bisa jawab, Tapi, kalau bisa kuakui Tes tahap 1 mapel B.I dan Math, yg  B.I sih alhamdulilah aku bisa menikmati, alias bisa mikir dengan sungguhan gitu, Tapi yg math ya Allah njelei banget angkanya. Iya sih udh mirip2 skl gitu, tapi angkanya itu nggak ngenakin sama solanya itu terlalu dibuat muter2 gtu, mana aku ngerjainya kurang lebih 30 mnt sebelum bel selesai, hbs wktnya cma 1.30 jam, soalnya B.I nya abcaanya jga panjang2. Well, soal mtk cuma beberapa yg kukerjain dengan keyakin benar soalnya dah kuhitung dengan sungguh2, selebihnya ya pasrah deh aku jawab dengan harapan pilihan yg kujawab betul, heheheh. Tapi, utk tahap 2 mapel B.ing sama IPA alhamdulillah bisa kukerjain dengan mudah, apalagi yg IPA udh yakin kah bisa dapet sempurna gitu. tetapi.... ya namanya ya, nggak tahu juga ya kenapa...padahal aku udah berdoa dan bersungguh2, sama entar kalau dapat tab bisa buat adikku juga yag ngebet pengen punya tab. Dan, pengumuman pemenang pun diumumkan, dari juara 3. Oke, juara 3 sama 2 udh anak SMP 5 dulu yg nyebet..hmm.okelah aku berdoa semoga yg juara 1 ini aku. Tapi ternyata....uuh,,,ternyata iya sih juara 1 nya smp 8, tapi bukan aku... :( dan yg juara 1 itu orang yg kemaren2 juga menang di SMA 7, yg juga juara 1 di PSC, dan yg di Exacta msk semifinal, yg ekonominya tinggi sehingga gampang deh kalau cma minta tab. Tapi, aku emangnggak bisa mengelak, itu udah takdir. Tapi, bagiku rasanya cukup sakit kalaukita harus menenrima kenyataan itu kalau kita lihat ulang apa yang sudah kita lakukan, siapa sih dia yang menang, dan apa harapanku sebelum itu terjadi. Well, aku berharap Allah pasti merencakan yang terbaik di waktu yang tepat nanti. Amiin.

Oh, ya ada lagi Ujian yang kulalu menjelang UN ini , yairu Ujian Praktek. Ujian Praktek memang lebih sanstai sih. Tapi, tetep aku kudu serius layaknya Ujian tertulis. Nah, Ujian Praktek yang paling awal itu Olah Raga, alhamdulillah sih dari beberapa jenis ujiannya aku bisa melewatinya dengan baik, paling tidak banyak yang sudah lebih dari minimal lah. Semoga saja nilai akumulasinya besok tidak rendah2 amat, bisa tetapi tinggi Amiin. Lanjut lagi, ada Ujian Praktek IPA, IPA dibagi biologi dan fisika. Untuk yang Biology jadi ada beberapa meja yang di sana sudah disediakan alat peraga atau bahan2nya agara kita menjawab pertanyaannya atau melakukan intruksi dengan tepat. Unutk Ujian Praktek yg Biology nilaiku agak rendah, soalnya mungkin aku kurang konsen kali atau agak nervous gtu, atau jga kurang persiapan ya bisa dibayangkan lah hampir setiap hari kayak ngadepin soal terus hehe. Guru biologyku juga agak heran kok nilai UPRAK (Ujian Praktek)ku aga k rendah, tapi katanay sih dia mau koreksi lagi soalnya kata teman2 ada yg wagu gitu alat peraganya, dan itu bisa nambah nilaiku. Lanjut ke (UPRAK) Fisika, kalai ini aku lebih bersungguh2 dan berusaha harus lebih bagus dari yg Biologu, karena nantinya UPRAK Biologi dan Fisika akan digabung. Alhamdulillah Uprak Fisika lebih lancar dari biologi, semoga saja nila gabungannya besok juga bisa lebih baik. Ujian Praktek Bahasa Indonesia, agak unik yakni kita disuruh menyimak film, dan menajwab pertanyaan dari guru tentang film yang kita tonton. Ada senengnya sih nonton film. Tapi, nontonnya sambil mikir dan konsen penuh. Film yang pertama "Walking with Monster", film itu ya nggak sembarang film, kaya film dokumenter tentang pengetahuan hewan2 jaman purba lah. Tapi iu penjelasannya cepet banget, kadang sampai bingung antara baca ktrgn (translete) di bawah sambil lihat gambarnya. ya, kalau aku sih psati cuma merhati.in tulisan transletenya. Tapi, ya kadang kita hrs lihat gmabranya biar tau apayang dibicarakan. Tapi, ya Allah film itu nyimaknya butuh perhatian lebih. Alhasil, nilai Uprak B. Indo pertama pada jelek2 smeua akhirnya dilakukan remedi. Tapi ya gitu, memang msh tetap jeli, bagiku kita harus nonton berulang2 dulu. Dalam UPRAK B.indo ini yang ada sih temen2ku yang agak curang gtu, ngerjainnya sambil kerjasama, jadai lebih enak gtulah info yang didapat jadi double. Tapi, aku nggak mau ikutan, aku mau jujur. Meskipun nilaiku lebih rendah dari mereka2" aku nggak kecil hati karena ini adalah hasil kerjaku sendiri. Kemudian film kedua "The Leaning of Pisa Tower" film ini agak enak, penjelasannya nggak cepet2 amat. Jaid aku lebih mudah menangkapnya. Dan Alhmadulillah nilainya lebih baik dari yang pertama. Selanjutnya Ujian Praktek B.Jawa, yaitu suruh sesorah (pidato), kata gurunya sih kalau milih naskah yang udah ditentukan maksudnya naskah "spesia" gitu bagi gurnya, bisa ditambah nilai, apalagi kalau penampilannya sempurna. Langsung aja deh, aku milih yang itu. Aku hafalin setiap hari, pokoknya kubaca terus dan resapi maksud2 kata bhs jawanya. Sampai tiba saat yang ditunggu2, tapi ternayat UPRAK B. Jawa nya dipending. Ya Allah, aku agak gela juga sih aya, soalnya udah siap.e dan ya udah hafal teks pidatonya. Tapi, malah diundur, kan ya kagol banget gitu. Tapi, apa boleh buat, karena gurunya sakit, jadi ditundah. Baru deh minggu depannya aku maju untuk UPRAK B.Jawa. Aku sih berharap dapat nomor urutan pertama atau awal lah. Tapi ternyata dapat nomor 20.an. Aku males banget nunggunya. Akhirnya kau memutuskan untuk tukeran nomor sama temanku yang dapet nomor awal. Aku akhirnya dapat undaian 4 kalau gak salah. aku pikir, aku bakal baju urutan ke4. Tapi, ternyata aku maju yang pertama, soalnay gurunya nggak buat undia 1-3, jdi nomor 4 itu ya yangh terkecil. Lha, dalah, bisikku, yo wes lah emang aku niatnya buat maju yang pertama. Akhirnya aku menjadi pembukaUjian Prakte Pidato B.Jawa. Alhamdulillah, sebagai pembuka, aku berhasil menampilkan dengan baik. Tidak ada sepatah katapun yang kurang dalam menyampaikan pidato yang no teks itu. Cengkok (pengucapannya) alhamdulillah juga sesuai. Pokoknya aku puas lah denga penampilan ini, guruku, Bu Subarsidah juga senang melihat penampilanku, dan langsung memberika 2 jempol setelah aku selesai berpidato. Nah, saat UPRAK B. Jawa ada bagian yang lucu. Temen2ku yang mungkin kurang persiapan atau belum hafal benar teksnya, jadi agak sering lupa2 gitu. Tapi, kelupaan mereka malah membuat suasana semarak, alias pada ketawa bareng gitu. Habis, sih, karena mereka lupa, mereka jadi kayak ngira2 sendiri teksnya, Tapi improving mereka malah jadi lucu gitu kata2nya. Misal, seharusnya itu Kupat Bumbune Santen, Menawa Lepat Nyuwun Pangapunten. Nah, ada temenku yang bilang Kupat Bumbune Tahu(?). Sebenernya aku juga agak heran, aku kira dia mau buat pantun sendiri. Aku  Mencoba untuk tidak ketawa dulu sih, tapi lama-kelamaan dia mulai sadar salahnya, trus dia malah jadi bingung juga. Akhirnya baru deh, aku sama temen2 ketawa dan heran. Dia pun jadi malu, soalnya salah ucap, miungkin kali yang dipikirannya baru ada tahu bukan santen hehehe. Terus ada lagi yang salah struktur kalimatnya, misalnya dia mau nutup dengan pantun di atas tadi tapi dia tiba2 ngomong santen2 gitu dua kali. Kan, pada bingung sekaligus langusng refleks ketawa temen2ku begitupula temen ku yang lagi pidato. wah, pokokny alucu deh waktu itu, belum lagi yang cengkokny apada salah2 gitu. Aduh, [okokny alucu deh. Tapi, terlepas itu mereka sangat menikmati UPRAKnya heheh.

Selain UPRAK B.Jawa ada juga Ujian Praktek B. Inggris writing, listening, sama speaking. Ujian yg Writing alhamdulillah aku nggak ngulang. Tapi, yang listening aku ngulang, soalnya waktu itu aku duduk jauh dari speaker, pokoknya tempatnya kurang strategis deh. Well, jadinya aku kurang kedengaran, nilaiku sebenernya mepet sih kurang 1 angka lagi kayaknya. Tapi aku tetep ngulang aja deh, kan yang dipakai nilai terbaiknya, hitung2 nilai keduaku bisa lebih baik. Dan alhamdulillah nilai keduaku jadi bagus dan aku merasa senang akan hal itu. Kalau untuk yang speaking, itu aku role play dan berdua sama temanku. Kita suruh buat percakapan gitu, meskipun percakapan kita agak sedergana semoga aja nilainya tetap memuaskan dan bagus lah. Kelasku kebanyakan nggak drama cuma coversation 2 atau 3 orang jadi kayak kurang seru gitu. Nggak banyak yang pakai alat peraga. Tapi, yang penitng nilai2nya besok bagus lah.

Oke, temen2 itu tadi cerita2 mengenai ujian2 ku sebelum aku melampahi Ujian Nasional yang menjadi perhelatan besar atau puncaknya Ujian. Semoga di Ujian Nasional aku diberi kelancara, ketenangan hati sehingga mampu berfikir dengan jernih dan bisa menjawab soal dengan jawaban yangt benar, tepat, dan teliti. Amiin. Ku berharap aku ammpu memberi prestasi kepada SMP 8, menjadikan SMP 8 meraih rank 1 se Provinsi hingga se- Nasional. Amiin :))

#NB ini sebenrnya udah ditulis sejak bulan maret..hehe cuma baru dipost skrg...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar