CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 30 Desember 2012

Guruku Istimewa

Ada yang aneh sih emang tentang seorang guruku di kelas 9 ini. Jadi akhir-akhir ini aku sering mimpiin guru-guruku mungkin jug akangen ya soalnya lagi libur tengah semester. Padahal juga ku nggak minta dan nggak ngebayangin mereka di pagi harinya. Bahkan ada guru yang tidak mengajariku tapi bisa jadi pengisi bunga tidurku. ANEH! kesambet apa sih ya aku. Tapi, nggak tahulah mungkin ini rasa kangen yang terbesit di sanubari paling dalah (HALAH). Tapi, yang sering aku mimpiin itu adalah bu T, sebut saja demikian. Padahal tuh yang namanya bu T itu paling nggak disukai sama sekelasku. Kalau aku sih ya berusaha jadi pihak netral. Tapi, kenapa juga bu T itu bisa nyasar di pikiranku saat tidur. Apa mungkin dalam hati kecilku momen-momen diajari sama beliau itu agak membekas gitu sampai-sampai bisa kebawa mimpi. Ya tak tahulah hal itu, tapi yang bikin aku heran itu sdh lebih dari 3 kali mengisi tidurku. Mungkin kalau sekali cuma wajar ya, tapi ini sampai 3 kali. Padahal yan menurutku waktu diajar belaiu aku nggak nervous, nggak ngerasa takut, tapi ya sebagaimana murid normal lainnya pasti agar ngerasa gimana gitu dengan guru yg agak nggak sesuai dgn kita. Nah, mungkin perasaanku demikian. Oke, aku nggak masalah deh, yang penting tuh mimpi nggak nganggu pikiraku saja. 

Saat liburan ini aku juga mimpi.in guru-guru  yang lain, yang mungkin dibilang karena kangen ini. Aku mimpi ketemu bu Ngadilah, bu MJ, bu Indri, dan guru-guru perempuan lainnya. Nah, sebenernya yang mau aku ceritain di sini adalah tentang guruku yang bisa dibilang cukup istimewa atau lain dari yang lain (menurutku) 

Bu Ngadilah, memang kesan pertama dari beliau itu killer tapi sebenarnya enggak kok. Bu Ngadilah yang mengajar PKN kelas IX ini bener-bener membuat siswanya lebih kritis, mantap dalam berpendapat, dan tentunya berjiwa nasionalisme tinggi. Selain pelajran reguler biasa, bu Ngadilah juga suka intermezzo tentang pengetahuan-pengetahuan umum atau peristiwa-peristiwa penting yang tentunya masih ada kaitannya dengan pelajaran. Tentunya aku suka hal itu, karen aitu benar-benar membuka wawasanku dari yang sebelumnya memang belum ngerti dan nggak dong jadi bener-bener paham. Bu Ngadilah juga buat siswanya berpikir kritis dan berani menjawab berdasar fakta. Karena dari pertanyaan wajib dan juga terkadang refleksi pertanyaan yang diajukan beliau membuat kita harus tanggap, cepat, dan tentu harus paham dan yakin betul dengan jawaban yang aku kita berikan. Karena kalau bu Ngadilah juga tak segan-segan ngejar-ngejar kita sampe jawaban kitaitu benar-benar mantap,lengkap, dan lugas. Jadi, biar aman kalau jawab langsung aja berikan penjelasan sejelas-jelasnya. 



Kedua, Bu Indri, Bu Indri adalah guru biology yang menurutku cukup menyenangkan. Hal itu membuatku jadi makin cinta sama biology dan terasa dekat kaitannnya dengan biology dan kedokteran (kyk ikatan batin gitu) heheh. Pokoknya dengerin penejlasan bu Indri tentang pelajran biology teruatam yang ada kaitannya dengan tubuh manusia aku rasanya lagi diajar dosen kedoteran (Amiin). Pokoknya ndengerin penejlasan bu indri, tetnatng sebegitu hebat dan rumitnya fungksi setiap oragn-oran tubuh kita membuat aku tercengang dan bilang wow, betapa bergunanya semua organ tubuh kita, dan betapa hebatnya Allah sang pencipta yang mampu mendesain dan merancang seluruh organ tubuh dengan baik, sehingga semua saling terkoordinasi. Subhanallah. 

Ada juga bu MJ, BU mj mungkin ya ada kisahlah buatku aku agak gimana gitu. Tapi, pengalaman diajarin bu MJ juag cukup berkesan untukku. Bu MJ berusaha membuat suasana belajar ips tdk terkesan hanya mendegarkan ceramahnya tapi terkadang diselipkan canda yang tak terduga (akan mengerti jika mengikut penjelasan dari awal). Lalu, bu MJ juga menyelipkan kisah hidupnya yang bikin termotivasi, yang benar-benar bisa terkagum, sekaligus, ingin, sekaligus pula berniat untuk menjadi lebih baik. Perjalanan hidup yang diceritakan bu MJ juga bermanfaat bagaiaman kita menerima cerita dari orang lain, bgaimana kita bisa mengambil hikmahnya dan menaplikasikannya dalam kehidupan kita. Dalam konteks lain, bu MJ juga sering memberikan intermezzo sesuai bab yang dibahas dan semuanya itu bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bu MJ memberikan banyak contoh betapa pentingnya dan manfaatnya secara nyata apa yang kita pelajari. Jadi, bu MJ membuatku untuk tidak hanya belajar teori tetapi juga prakteknya. 

Well, mungkin itu ceritaku tentang guru-guru kelas IXy yg mungkin dari kisahnya ini bisa diambil manfaatnya dan pelajarannya. Bahwa jangan memandang guru dari hal-hal yg buat kita nggak suka. Tapi coba gali lebh dalam karena sesungguhnya maksud beliau bukan merepotkan kita tapi mendidik kita dan membentuk karakter diri kita menajdi cendekia muda yang siap dengan segala tantangan dunia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar