CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 29 Desember 2016

Nuansa Kuno di Pasar Seni Triwindu

Assalamualaikum Bloggerss..
Gimana liburannya di akhir tahun ini???
Semoga menyenangkan yaaa

Kali ini Early mau share salah satu tempat hang out di Surakarta, Solo the Spirit of Java hehe. Nah, tempat itu bernama Pasar Seni Triwindu. Pasar ini menjual barang-barang antik, bekas, onderdil, dan sebagian barang-barang baru yang memiliki nilai seni tinggi. Jadi, kalau di Jogja ya bisa dikatakan seperti pasar Klithikan, tapi yang di Solo ini lebih ke barang-barang antik dan barang-barang kolektor. Pasar Triwindu terletak di Jalan Gatot Subroto, Banjarsari, Solo. Pasar ini memliki sejarah yang panjang karena sudah dibangun semenjak 1939 ole KGPPA Mangkunegara VII. Kemudian setelah melalui beberapa kali pengembangan akhirnya pasar ini diresmikan lagi oleh Ir.Joko Widodo pada tahun 2011. Pasar ini memang tidak terlalu luas tetapi sarat dengan koleksi benda-benda ancient yang unik dan sudah jarang sekali kita temui. Di lantai bawah kita banyak menemui kios-kios yang menjual barang-barang antik seperti batu-batuan, cincin akik, aneka perhiasan, uang logam dari zaman ke zaman, uang kertas, lampu-lampu, keris, dan lukisan. sementara di lantai dua kita akan lebih banyak menemukan benda-benda antik yang sangat bekas serta onderdil beberapa mesin (per berbagai ukuran ada di sana). Di lantai dua barang yang ditemukan juga lebih unik-unik, seperti adanya setrika zaman dahulu (setrika arang) yang dialihfungsikan untuk pot bonsai, lalu ada juga kamera-kamera kuno, tv dan radio kuno, serta mesin tik era pra kemerdekaan dulu. Selain itu, juga banyak gelas-gelas kuno berbagai ukuran, cawan dan guci antik, bahkan ada juga tabung-tabung bahan kimia bekas praktikum. Jadi, di pasar Triwindu ini kita berdalih untuk cuci mata ke benda-benda kuno tersebut hehe. Oh ya, satu lagi di lantai bawah sisi samping dan belakang terdapat juga kios-kios antik yang memajang sepeda motor kuno beserta onderdilnya.

Meskipun penuh benda-benda lama tetapi ada kesan sendiri yang ditawarkan pasar Triwindu ini, yakni kesan antiknya. Banyak pengunjung yang mencari atmosfer ini di tengah hiruk-pikuknya modernitas zaman. mereka sengaja ke sini untuk mencuci mata atau sekadar memotret barang-barang lawas tersebut. Hasilnya kesan kuno dan antik tersebut tetap terlihat manis di lensa kamera. Suasana pasar yang ramah juga mendukung pengunjung untuk menikmati atmosfer kekunoan  itu dan membuat memori kita pada zaman-zaman yang lalu terbuka kembali hehe.


(dengan latar berbagai lampu hias era dulu dan sekarang)


                                  (dengan latar berbagai piring hiasan dan foto kuno)

Selain menikmati atmosfer kekunoaan yang ditawarkan pasar Triwindu ini kita juga bisa menikmati suasana kota Solo di depan pasar. Trotoar lebar yang ramah untuk pejalan kaki membuat kita bisa leluasa menikmati suasana kehangatan Kota Solo (terutama di pagi dan sore hari) Jalanan yang tidak terlalu ramai ditambah suasana keramahtamahan serta kebersihan memberikan kenyamanan dan ketenangan sendiri untuk kita nikmati. Jadi, refreshing dan liburan itu nggak harus mahal ya bloggers..

                                                  (suasana di trotoar depan pasar Triwindu)

3 komentar:

  1. sipp..yupss...silakan main2 ke Pasar Triwindu Solo :)

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus