CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 01 Juli 2014

PENGALAMAN IKUT SELEKSI AFS/YES

       Sudah 3 bulan belakangan ini saya sengaja menyibukkan diri untuk mengikuti beberapa seleksi. Ya, saya memang mempunyai target untuk bergabung dan mengikuti kegiatan yang saya inginkan. Kegiatan yang saya maksud adalah bergabung dengan klub jurnalistik KACA dan mengikuti program pertukaran pelajar AFS. Namun, pada tulisan saya kali ini saya akan menceritakan lebih jauh tentang keikutsertaan saya pada seleksi AFS tahun 2014 ini.
      Program AFS (American Field Service) pada awalnya merupakan program bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Amerika. Namun sekarang program itu lebih dispesifikkan lagi dengan memberikan bantuan beasiswa bagi pelajar untuk bersekolah di luar negeri. Program AFS hampir serupa dengan YES (Youth Exchange and Study), YES sendiri juga merupakan program beasiswa penuh yang diberikan Pemerintah Amerika Serikat dalam rangka menjembatani pemahaman dan saling pengertian anatar Negara dengan populasi muslim signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat. Perbedaan uatama anatar AFS dan YES adalah apabila AFS tidak full beassiwa namun Negara tujuan bisa beragam, tidak hanya AS saja. Sementara, YES merupakan program full beasiswa, namun Negara tujuan hanya AS saja. Kedua program tersebut ada di bawah naungan Yayasan Bina Antar Budaya.
     Berhubung kedua program tersebut dibatasi oleh rentang usia tertentu, maka saya hanya dapat memilih program AFS. Minat saya dengan program AFS memang mulai tercetus sejak saya berada di bangku SMP kelas 8. Saat itu informasi menegnai AFS saya peroleh dari teman saya pindahan dari Bekasi., Innaz. Innaz memiliki kaka yang pernah mengikuti program YES. Melalui ceritanya akhirnya saya paham dan mengerti kedua program tersebut, dan sejak saat itu pula saya beritikad untuk mengikuti program tersebut ketika SMA ini. Nah, tepat ketika waktu yang ditentukan yakni ketika saya dudah menduduki bangku SMA kelas 1 saya mendaftar program AFS dengan terlebih dahulu mengikuti open house yang diselelenggarakan oleh Yayasan Bina Antar Budaya.
       Open House yang dilaksanakan tanggal 23 Maret 2014. Di dalam acara tersebut diadakan sosialisasi dan presentasi megenai kegiatan-kegiatan AFS dan YES. Selain itu juga diadakan pameran dari beberapa kakak-kakak retunee (yang sudah mendapat beasiswa AFS/YES). Program yang ditawarkan AFS dan YES ternyata tidak hanya mengirimkan siswa-siswa Indonesia ke Negara lain, tetapi ada pula program hosting dan volunteering. Program hosting adalah program untuk sukarela menajdi keluarga angkat bagi siswa-siswa luar negeri yang belajar di Indonesia. Sedangkan program volunteering adalah suatu program untu mejadi sukarelawan baik di dalam maupun di luar negeri yang akan mengabdi kepada masyarakat atau lembaga tertentu. Pada kesempatan sosialisasi dan presentasi tak jarang para siswa maupun wali murid yang bertanya untuk kejelasan dan kedetailan program.
      Open House juga diisi dengan penjualan PIN pendaftaran. Jadi, untuk mendaftar harus mempunyai PIN yang nantinya harus diinput secara online di web Bina Budaya. Selesai tanya-jawab saya membeli PIN seharga Rp.50.000,00 tersebut, karena saya membeli PIN pada saat open house maka saya juga diberi bonus ice cream. Open house ini benar-benar harus dimanfaatkan untuk menggali informasi sebanyaknya tentang AFS/YES agar nantinya tidak keliru dan salah mengambil keputusan serta agar bisa memiliki pandangan mengenai prosedur pelaksanaan dan macam seleksi yang akan diselenggarakan.

                                                                                                                                                     . 

13 komentar:

  1. Kak, kalau mengikuti program ini apa harus mengulang kelas yang ditinggalkan?

    Jawabnya tolong diberi email ya, Kak. Aku mau tanya yang lainnya.

    BalasHapus
  2. iya dek..harus ngulang kelas 3nya di indo
    maaf baru balas e-mailmu apa ya..soalnay saya bingung klo cari dari akun google atau kmu mention aku di @earlyzahwa,

    BalasHapus
  3. cara dapetin persetujuan sekolah nya gimana kak?

    BalasHapus
  4. cara dapetin persetujuan sekolah nya gimana kak?

    BalasHapus
  5. Saya ingin bertanya lebih lanjut, jika kamu berkenan dan memiliki waktu luang. Saya akan meninggalkan alamat email saya disini, saya harap kamu mau membantu saya. Saya ucapkan terima kasih. gaby_mochin@yahoo.com

    BalasHapus
  6. maaf baru dibalas
    @Aulia rahman: waktu itu aku asal ikut daftar dulu kok, nanti kalau kamu beenr udah lolos seleksi tahap 3 bakal ada semcam surat khusus dari pihak AFS ke sekolah, yang penting ikuti seleksi dan tembus gerbang untu lolos
    @febriolapuspita: iya, InsyaAllah saya coba bantu. e mail saya zahwaearly@gmail.com saja

    BalasHapus
  7. kak, saya baru saja masuk sma di indonesia saya ingin bertanya lebih lanjut tentang program ini, kalau saya e-mail kakak boleh nggak? terimakasih

    BalasHapus
  8. Tema blog nya lucu ya, cute sekali.

    Pengalamannya juga seru, makasih telah berbagi!

    Inspiratif sekali.

    Izinkan kami numpang lapak, memberi alternative bagi pembaca ya :)

    Ingin meniti karir di luar negeri?

    ATAU punya IPK 3.0, lulusan S-1 semua jurusan & dibawah 35 tahun?

    Kami menjamin anda untuk memperoleh IELTS 7.5 & mendapatkan beasiswa 100% di luar negeri. 3000+ alumni sejak 1996, kuliah di 4 benua.

    Untuk tes institusional IELTS gratis & info beasiswa: 0813 1663 4102

    BalasHapus
  9. @dilla nurshadrina oke...with my pleasure

    BalasHapus
  10. Kak kira2 tes nya apa aja ya kak?

    BalasHapus
  11. Kak kira2 tes nya apa aja ya kak?

    BalasHapus
  12. @santi_vidiana37 ada 3 tahap tesnya adik bisa dibaca dulu di postingan kakak serupa tentang AFS dan YES. Terimakasih. Oh ya jangan lupa follow blog kakak ya. Terimakasih

    BalasHapus
  13. Kak kalo gabisa bahasa Inggris gimana tu

    BalasHapus