CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 02 Juli 2014

SELEKSI AFS-YES TAHAP 1 CHAPTER YOGYAKARTA TAHUN 2014


       Pagi itu sekitar pukul 06.30 WIB saya sudah bersiap di halaman Fakultas Teknik Arsitektur UGM, tempat diselenggarakan seleksi. Pada tanggal yang sudah ditentukan yakni Minggu, 27 April 2014 Yayasan Bina Antar Budaya menyelenggarakan seleksi perdananya untuk mendapatkan beasiswa AFS dan YES. Seleksi ini dikuti oleh sekitar 400 siswa dari Yogyakarta dan sekitar Jawa Tengah. Tampak seluruh siswap dengan dari berbagai kalangan dan karakterisitik tumpah ruah, saling mengembangkan senyum, menatap dengan cerah seleksi tahap pertama yang akan jadi gerbang awal untuk mengikuti AFS/YES
     Ruangan seleksi dibagi menjadi 4, sehingga di satu kelas akan terisi kurang lebih 100 peserta. Seleksi tahap 1 bisa dikatakan seleksi yang benar-benar dasar dalam rangakaian seleksi dan tahapan untuk banr-banra bisa mengikuti program AFS/YES. Pada seleksi ini akan diselenggrakan secara tertulis dan dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama adalah tes pengetahuan umum dengan jumah soal 100 multiple choice. Sesi kedua adalah tes bahasa inggris dengan jumlah soal 50 multiple choice. Sedangkan sesi ketiga berupa seleksi menulis Essay Bahasa Indonesia. Seleksi dimulai tepat pukul 07.00 WIB namun waktu pengerjaan soal untuk sesi pertama dimulai pukul 07.15 WIB.
       Sesi pertama adalah tes pengetahuan umum. Materi yang diujikan berkisar anatar matematika dasar, Ilmu Pengetahuan Alam dasar, Ilmu Pengetahuan Sosial. Namun, yang lebih banyak ditekankan adalah masalah-masalah yang sedang hangat diperbincangkan. Lembar Jawaban memang tidak diatur dalam bentuk Lembar Jawab Komputer sehingga tidak perlu menggunakan pensil 2B khusus. Dalam menjawab soal juga tidak ada pengurangan nilai apabila ada jawaban yang salah. Semua terkesan flesksibel, hal yang utama adalah kita dapat teliti memahami dan menjawab soal dengan benar. Ketenangan pikiran, flashback, dan olah informasi sangat dibutuhkan pada tahap ini teruatam pada tes pengetahuan umum. Biasanya soal-soal juga tidak jauh dari lingkungan kita, kebaisaan kita, bahkan berita yang akhir-akhir ini kita dengar. Oleh karena itu, diharapkan untuk sukses pada tahap ini kita dibiasakan untuk peka terhadap lingkungan sekitar. Mengetahui apa yang sedang terjadi, bagaimana pemikiran dan langkah kita untuk mengatasi, membuat diri kita saat akan wawasan dan pengetahuan.

      Setelah 2 jam bergulat pada tes pengetahuan umum, panitia akan memberikan waktu istirahat sekitar 30 menit. Ketika istirahat diharapkan smeua peserta berada di luar ruangan. Masuk apda sesi kedua yakni tes bahasa inggris. Tes bahasa inggris dilaksanakan selama 1,5 jam. Bahasa inggris yang diberikan juga tetap disesuaikan dengan kemampaun dan kriteria untuk anak kelas 1 SMA. Namun, tetap ada pengelompokan seperti grammar, vocabulary, reading, dan writing. Soal tes terlihat kompleks dan menyerupai soal-soal UN. Ketelitian serta kemampuan pikir yang baik tetap diperlukan pada sesi ini. Tes Bahasa Inggris bisa mudah dilalui asalkan kita terbiasa dengan kosa kata bahasa inggris, sering membaca buku/artikel bahasa inggris, serta dapat juag dengan sering menonton film Bahasa Inggris. Ketahuilah dalam mengerjakan tes sesi ini , kalian harus mampu memahami soal dengan baik dan benar sebelum akhirnya dapat memilih jawaban yang tepat.
      Selesai tes bahasa inggris, diberikan waktu kembali untuk istirahat, sholat, dan makan. Waktu istirahat lebih panjang yakni 1 jam. Waktu yang panjang tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karena apda waktu tes di setiap sesi tidak diperkenankan untuk ijin ke luar ruangan entah ke kamar amndi atau sebagainya, kecuali jika sakit berat. Sesi terakhir dari seleksi tahap 1 adalah tes menulis essay Bahasa Indonesia. Kertas Folio bergaris, kertas buram untuk kerangka karangan beserta pilihan tema sudah disediakan panitia. Pada kertas pilihan tema juga sudah dicantumkan kriteria penulisan, syarat-syarat seperti minimal jumlah kata dan sebagainya. Peserta hanya diperbolehkan untuk memilih satu tema dari beberapa tema yang diberikan. Waktu menulis yang diberikan adalah 1,5 jam. Meski sudah selesai, peserta belum diperbolehkan ke luar ruangan, menunggu sampai waktu benar-benar habis. Sebaiknya dalam tes menulis karangan kita benar-benar memikirkan secara matang tema yang akan pilih untuk ditulis. Pemilihan tema yang tepat dan sesuai dengan ide kita akan mempengaruhi baik –buruk kualitas tulisan kita. Selain itu, setelah memilih tema yang sesuai kita juag perlu untuk membaut kerangka karangan terlebih dahlu agar lebih memudahkan tujuan dan arah tulisan kita. Kerangka karangan akan membuat rangkaian kalimat kiat lebih koheren dan tulisan antar paragraf lebih kohesif. Kesinambungan tulisan dan ide sangat berpengaruh dalam penilaian tulisan kita.    
     Sesi menulis menjadi sesi penutup pada seleksi tahap 1. Sekitar 400 peserta yang mengikuti seleksi tahap ini akan disaring menjadi sekitar 80 peserta yang akan melanjutkan ke seleksi tahap 2. Persaingan memang alot. Tetapi hendaknya kita tetap bias percaya diri dan kontro emosi. Persiapan yang baik dari segi mental, fisik, dan otak akan menjadi bekal utama agar bisa sukses pada seleksi-seleksi AFS/YES. Perlu diingat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar dapat melaksanakan seleksi dengan lanca dan berpikir dengan mudah.

Sampai jumpa pada artikel berikutnya….Seleksi AFS-YES TAHAP 2 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar