CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 13 Januari 2013

K-Pop Tak Sekedar Hiburan

Hello friends, ketemu lagi. sekarang udah tahun 2013 nih. Nah aku mau share tentang ya kesimpulan pikiranku dari yang aku amati di 2012 yang lalu. Jadi menurutku di 2012 ini ada satu perubahan dalam bidang life style dan dunia hiburan yang cukup menyolok. Apa lagi kalau buka Korean Wave. 

Seperti yang sudah banyak dibahas di artikel-artikel koran atau majalah. Betapa pesatnya budaya itu muncul dan seakan sudah menjiwai di tanah air. Mungkin aku baru tahu-tahunya sejak bermunculan boyband-boyband bergaya korea seperti SMASH. Tapi, waktu itu aku belum menyangka budaya boyband dari negara aslinya bakal semarak juga di Indonesia. Dan, (mungkin) sejak ada konser Super Junior, dan beberapa artis korea lainya, Korean Wave (K-Pop) jadi lebih dominan jadi hiburan di kalangan remaja Indonesia. Dampaknya sih, beebrapa band nasional agak menurun laganya. diagantikan boyband dan girlband yang berbau Korea dan digantikan pula pamornya aleh K-Pop ini. Dari pengalamanku saja nih, ada temenku yang dulu suka band X bebeebrapa bulan kemudian sejak munculnya SMASH, dia jadi nge-fans sama SMASH. Tak lama kemudian mulai hadir K-Pop yang membahana lewat lagu-lagunya yang energik. Nah, kawanku ini jadi pindah hati ke boyband korea yang termasuk K-Pop ini. Ya, kalau dibilang remaja tuh memang labil jadi gonta-ganti jadi penggemar nggak masalah. Tapi, yang mengherankan bagi sayanya itu kenapa K-Pop sebegitu cepat membius anak-anak muda di Indonesia.

Saya jadi berpikir apa yang dicari dari mereka si penggila K-Pop? gantengnya personil boyband, suaranya yang bagus, gerakan yang lincah atau apa? rasanya mungkin K-Pop punya semua kriteria untuk jadi bintang hiburan atau idola para remaja. Ya, aku  akui sih memang begitu, dari gantengnya personil jempol sepuluh deh buat mereka. Wajah-wajah oriental yang ganteng-gila, putih semua kayak nggak bisa bedain mana si x atau si y. Terus mungkin yang jadi ciri khas dari mereka adalah, mereka bernyanyi sambil nge-dance. Dan kedua hal tersebut dilakukan dengan totalitas dan penampilan yang memukau. Nah, itu nilai plus lain dari mereka. Kemampuan bernyanyi dengan tetap mengutamakan vokal dan aturan menyanyi yang tepat serta dibarengi dengan gerakan dance yang lincah adalah keisitimewaan tersendiri tidak semua boyband dari negara lain bisa mengikutinya. Hampir semua boyband dan grilband Korea punya kemampuan ini. Kemampuan ini tergolong susah lho, karena mereka harus mampu menjaga kestabilan suaranya dalam bernyanyi sambil melakukan gerakan-gerakan yang menguras energi. Kita saja kalau menyanyi terkadang sudah kehabisan suara atau tak kuat dengan nada-nada tinggi. Tetapi, mereka bisa berusaha bernyanyi dengan suara yang bagus. hei, jangan salah, lagu-lagu mereka juga membuthkan teknik vokal yang cukup serius tidak hanya asal menyanyi.

Nah, kalau tadi dari segi lagu atau suara mereka. terus kalau dari segi dance gimana? so, pasti keren juga. gaya dance modern mereka benar-benar attractive. Menurutku sih, mereka sih jadi pelopor dance modern pertama, sehingga gaya dance merek ajuga jadi ditiru dancer-dancer di negara lain. Mereka sangat kreatif menemukan koreo-koreo yang baru dan tidak ada yang nyama-nyamain. Jadi, meskipun boyband dan girlband di Korea banyak tetapi mereka mempunya ciri khas dance mereka sendiri. Selain itu dalam gerakan dancenya mereka juga terkesan sangat semangat semua lekak-lekuk tubuhnya menunjukkan keraktifan mereka akan musik yang mereka perdengarkan dan vokal yang mereka keluarkan. Hal itu merupakan kertepaduan yang sangat menarik bagi para remaja. Sekaligus lirik-lirik korea mereka dibawakan sangat unik dan mudah ditiru, sehingga secara tidak langusng kita juga bisa hafal lagu Korea. Dan lebih luasnya lagi kita bisa belajar berbahasa Korea.

Teman, dari K-Pop yang sedang semarak ini kita bisa ambil pelajaran, bahwa untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan harus secara total, sepertia para pelaku K-Pop yang total baik dalam bernyanyi maupun nge-dance. Kedua, kita harus semangat, sesesamnat para K-Pop kalau nge dance. akalu kita denger atau lihat video mereka yang penuh energik, masa kita tidak bisa meniru ke-energikan (semangat) mereka ketika belajar atau melakukan sesuatu untuk meraih impian kita. Ketiga kita juga bisa belajar untuk memaksimlkan kemampuan kita. kalau para K-Pop saja bisa memaksimalkan aksi panggung mereka dengan bernyanyi sambil nge-dance. Maka kita juga harus bisa memaksimalkan kemampuan kita, misal kita berbakat atau pandai dalam bidang A dan bidang B maka tekuni keduanya dengan sefokus mungkin. Jangan hanya karena ada 2 pilihan membuat kita meninggalkan 1 pilihan yang sama-sama berpeluang baik untuk kita. Kalau kita bisa fokus dan seimbangan menggeluti keduanya kenapa tidak. Kita coba dahulu, jangan menimbang-nimbang terlalu banyak. Barulah jika kita merasa tidak kuat, kita bisa piilh satu yang paling baik buat kita. Namun, jika kita mampu smbil saja keduanya, toh itu uga menguntungkan dan baik buat kita. Apalagi tidak semua hal/kemampaun yang kita miliki juga dimiliki oleh orang lain. Maka kenalilah kemampuan mu, terus kembangkan agar kita juga punya perbedaan dari yang lain, perbedaan yang menunjukkan kemampuan kita, yang menunjukkan kemampuan hebat kita, bahwa kita bisa sehebat orang-orang yang sering dianggap terhebat.

Well, friends, ternyata banyak kana yang bisa kita ambil dari K-Pop, jadi ternyata idola atau momok yang lagi gencar-gencarnya ada di Indonesua ini ternyata menyimpan pelajaran yang bisa kita tiru untuk kehidupan kita agar lebih baik. Jadi, sambil menyelam minum air. Kita nikmati hiburan K-Popnya kita terapkan nilai kehidupan yang bisa ita ambil darinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar