CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 26 Januari 2013

Sisi Baik Sebuah Blog


Blog, sudah tidak asing lagi di masa sekarang. Biar dikata keren gitu, pasti remaja sekarang sudah harus punya yang namanya akun Facebook, Twitter, dan Blog. Blog merupakan salah satu aplikasi internet sebagai wadah kita menuangkan tulisan atau sarana tulis menulis di dunia maya. Blog terdiri dari beberapa jenis ada blogspot yang free, tumbler, wordpress, dan jenis blog lainnya. Nah, blog yang paling familiar di kalangan kita adalah blogspot. Blogspot hadir di tahun 2002 berasal dari perusahaan Pyralab. Namun, akhirnya dibeli oleh perusahaan search engine ternama Google.

Well, itu sekedar pengantar tentang blog ya.. Nah yang mau aku share ini sebenarnya, kiprah blog yang ternyata bermanfaat dalam kehidupan. Seperti yang kita tahu, blog adalah wadah untuk menuangkan tulisan kita, karya, dan karangan kita. Blog yang baik adalah blog yang sarat akan tulsan-tulisan yang bermakna, yang bermanfaat bagi para pembacanya. Blog yang baik, adalah blog yang kaya akan informasi, karangan bebas, tulisan lepas yang bisa dijadikan referensi dan hiburan bagi pembacanya. Namun sayang, sekarang yang terjadi di dunia blog sebagian besar hanyalah mengambil laman dari web lain. Padahal, sebenarnya blog bukan tempat untuk copas.an kita dari web lain. Boleh sih, kita mengambil informasi dari web lain untuk kita share dalam blog kita. Tapi kalau isi blog kita sebagian besar hanya copas.an, nggak fungsi dan nggak seru tuh blog, yang harusnya jadi wadah karya tulis kita. Blog jika didayagunakan dengan baik, dapat meningkatkan ketrampilan menulis kita. Karena jika kita sering nge-blog pasti kita sering nulis, kalau tulisan kita itu murni dari pikiran kita, nah skill menulis kita bisa bertambah tuh. Apalagi kalau kita sering buka web lain untuk dijadikan referensi, kita bisa tahu gaya menulis di dunia maya yang baik.

Ada suatu cerita, kakak sepupu saya sudah menikah. Dia adalah seorang ibu muda yang merangkap sebagai wirausaha, membantu suaminya. Kakak saya ini, memang hobi nulis, dia sering tuh nge-blog. Hingga akhirnya dia rajin ngikuti alur dunia tulis-meulis di dunia maya. Kakak saya pun jadi sering hunting lomba menulis di dunia maya. Seperti yang diselenggarakan kompas, detik.com dan lainnya. Dan faktor lain, mungkin gara-gara post kakak saya di blognya dinilai bermutu oleh teman-temannya. Nggak jarang juga tulisannya sama teman-temannya sering disaranin ikut lomba juga, baik di dunia maya, maupun yang dunia nyata (hehe). Semenjak itulah, dia jadi lebih sering blogging. Tapi tentunya, dia juga bisa bagi waktu antara pekerjaan, urusan blog, dan kewajibannya sebagai istri sekaligus ibu muda. Alhasil usahanya yang juga dipasarkan dari dunia maya juga berhasil, disamping dia juga suka nulis di blognya. Jadi, bagi dia itu ibarat berenang sambil minum air. Dia memanfaatkan fasilitas internet di rumahnya dengan optimal, untuk usahanya, untuk hiburan, sekaligus untuk dirinya sendiri.

Dua tahun belakangan ini, dia sering buat artikel dan berhasil diterbitin istilahnya ditanyangin sama kompasiana. Itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri baginya. Padahal dia nggak nyangka bakal diterbitin, dan nggak ambisus juga setiap karyanya pasti diterbitkan. Karena, walaupun menulis di dunia maya, itu ya gampang-gampang susah. Mungkin awalnya ditolak-ditolak mulu. Tapi, kalau udah sering kirimin, pasti jadi lebih banyak peluang diterimanya. Alhasil, artikel kiriman kita yang selanjutnya kemungkinan bakal ditayangin jadi lebih besar. Nah, serunya juga, selain seneng artikel nya ditayangin di baca orang banyak di dunia maya. Kita juga dapat uang honor, enak kan? Cuma dari hobi tulis menulis di dunia maya yang dituangkan lewat blog, bisa jadi kegiatan menguntungkan kan? (hehehe)

Jadi, teman-teman yang mau saya tekanin itu, bagaimana kita memanfaatkan blog dengan seoptimal mungkin. Tidak hanya asal-asal buat blog yang isinya itu-itu aja (maksudnya lebih banyak copas.an) Tetapi kita muat dengan tulisan dan karangan-karangan asli kita, yang mungkin bisa membuat orang lain terkesan dan terhibur. Atau mungkin tulisan-tulisan kita itu bersifat informatif,  fiktif dan sebagainya yang penting bermanfaat bagi orang yang membacanya.

So, lewat tugas blogging kita kali ini, manfaatkan blog kalian semakismal mungkin buat menambah wawasan, pengalaman dan mengasah keterampilan menulis kalian ;) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar