CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 17 Juni 2014

BELAJAR EFEKTIF MENGHADAPI UKK

UKK atau Ujian Kenaikan Kelas baru saja selesai kulaksanakan . Akhirnya aku bisa bernafas lega karena bisa mengerjakannya dengan baik. Aku bersyukur, tidak terlalu mengalami kesulitan yang “berarti” . Selama UKK aku terus belajar giat dan berjuang penuh melawan rasa malas dan kantuk. Persiapanku sebelum UKK, yaitu pada H-2, dan H-3 aku sudah mulai membuat “catatan kaki” untuk materi-materi yang diujikan di hari-hari awal. Menurutku, dengan membuat catatan kaki terlebih dahulu akan memudahkan untuk belajar. Hal ini dikarenakanpada H-1 pelaksanaan ujian untuk mapel itu, kita cukup membuka dan membaca kembali catatan kaki kita. Catatan kaki juga mempermudah kita untuk menghafal dan mengingat-ingat materi. Terlebih, catatan yang kita buat diberi warna dan gambar menarik.


Selanjutnya, pada waktu pelaksaanaan UKK, aku belajar dari sekitar pukul 13.00 dan berakhir di sekitar pukul 16.00. Lalu untuk waktu malam dimulai sejak 18.00-23.00 atau sampai materi-materi berhasil dipelajari dan dikausai. Menurutku sendiri, belajar yang baik itu adalah belajar yang efektif. Kita perlu mempelajari materi-materi penting dari suatu pelajaran. Kalau di istilah guru, kita perlu menguasai setiap kompetensi dasar pada pelajaran. Cara penguasaan bisa dengan sering latihan soal, membuat ringkasan, dan membiasakan membaca buku pelajaran. Selain itu, belajar efektif menghadapi UKK, adalah dengan memperdalam materi yang terdapat pada kisi-kisi yang Bapak-Ibu guru berikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar