CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 24 Juni 2014

Makna Lirik Lagu River JKT 48 Part-2

 Teman-teman lanjut lagi ya kita telisik makna lirik lagu River JKT 48 

Tepat di depan matamu
Ada sungai mengalir
Luas, sebuah sungai yang besar
Walaupun gelap dan dalam
Walaupun arusnya deras
Tidak perlu ketakutan
Walaupun kau terpisah
Ya, tepian pasti ada
Lebih percayalah pada dirimu

Bait ke empat sudah masuk masuk pada reff awal. Nada sudah terlihat lebih santai. Pada bait ini pula lebih banyak makna khas ala Jepang yang menyimpan maksud-maksud tersirat. Contohnya //Luas, sebuah sungai yang besar// menunggambarkan bahwa suatu penghambat atau rintangan yang besar. Namun, pada kalimat //Walaupun gelap dan dalam//Walaupun arusnya deras// digambarkan bahwa sebuah keinginan yang mana keinginan itu terlihat sangat jauh dari kemampuan. Gelap dan dalam menunjukkan suatu keinginan yang susah dan sangat tidak mungkin dicapai. Sedangkan //arusnya deras// bisa menungkapkan bahwa suatu keinginan atau cita-cita itu sudah terlalu banyak hambatannya, terlalu banyak saingannya.

Selanjutnya kalimat, //Tidak perlu ketakutan//walaupun kau terpisah//ya, tepian pasti ada//lebih percayalah pada dirimu// menunjukkan bahwa meski keinginan atau cita-cita banyak menuai hambatan, saingan, dan terasa sangat mustahil dicapai. Kita tidak perlu takut dan pesimis untuk menjalaninya. Walaupun dalam perjuangan kita meraih cita-cita atau imipan harus berpisah dengan segala sesuatu yang dulu bersama kita. Misalnya untuk kuliah di luar kota, kita berpisah dengan orang tua. Namun, kita masih tetap memiliki sandaran, kita masih memiliki penolong yang lain, pelepas rasa penat dan jenuh yang lain. Kita masih memiliki teman, kita pun bisa meminta saran dari sahabat atau menelepon orang tua kita di rumah. Terlebih penting lagi, Tuhan tentu terus bersama kita, maka yang kita perlukan adalah percaya pada diri sendiri bahwa meski ada hambatan-hambatan demikian kita masih memiliki potensi untuk berhasil meraih sebuah harapan.


Get over it!

River!

Ah - ah - ah - ah - ah
Jangan alasan untuk diri sendiri!
Ah - ah - ah - ah - ah
Jika tak dicoba tak akan tahu
Ah - ah - ah - ah - ah
Tiada jalan selain maju! (maju!)
S'lalu (s'lalu)
Teruslah melangkah di jalan yang kau pilih!

Bait ini bertujuan untuk mematangkan langkah kita agar terus berusaha menghadapi hambatan pada jalan meraih mimpi. Kalimat//Jangan alasan untuk diri sendiri// menunjukkan bahwa kita tidak boleh mencari alsan-alasan sendiri untuk akhirnya kita menjadi malas berusaha meraih mimpi. Kalimat //Jika tak dicoba tak akan tahu// bermaksud bahwa jika kita tidak berani menghadapi hambatan dalam usaha meraih mimpi maka kita pun juga tidak akan bisa meraih mimpi. Kita tidak akan tahu bagaimana mimpi itu akan terwujud, kalau saja hambatan dalam perjalanan mimpi itu tidak mau kita lewati. Kalimat //Tiada jalan selain maju! (maju)!//  mengungkapkan bahwa  untuk meraih mimpi kita tidak ada jalan lain kecuali kita berani melangkah ke depan menghadapi apa yang ada. //Terus melangkah di jalan yang kau pilih!// menunjukkan bahwa kita tetap harus konsisten di suatu impian kita. Apabila kita menghadapi suatu masalah pada jalan meraih mimpi kita, selayaknya tetap harus kita lewati. Janganlah ditunda dan beralih ke hal lain, yang itu belum pasti. Maka sebaiknya kita tuntaskan masalah dan hadapi penghambat yang ada dulu.

Di dalam hatimu juga
Ada sungai mengalir
Sungai keringat dan air mata
Walaupun kau pernah gagal
Walaupun kau terbawa arus (terus terus)
Tak apa terulang lagi
Dan janganlah mengeluh
Genggam selalu impianmu
Sampai suatu saat mimpimu terkabul

Bait ini adalah bait yang paling aku suka, karena maknanya terasa lebih dalam. //Di dalam hatimu juga// ada sungai mengalir//sungai keringat dan air mata// menggambarkam bahwa di dalam diri kita sendiri juga ada suatu penghambat atau rintangan dalam perjalanan meraih mimpi. Rintangan itu adalah rasa lelah yang diungkapkan dengan keringat dan rasa takut akan kegagalan yang diungkapkan dengan air mata. //walaupun kau pernah gagal// walaupun kau terbawa arus// kedua kalimat ini menunjukkan kondisi seorang apabila ia gagal menghadapi rintangan dan tidak mampu melawan hambatan untuk bisa  melaju ke tahap selanjutnya. Maka makna ini bersambung pada kalimat //tak apa terulang lagi// dan janganlah mengeluh//genggam selalu impianmu//sampai suatu saat mimpimu terkabul//. Ini berarti apabila kita gagal, maka kita harus siap dan ikhlas mengulanginya lagi, mencobanya lagi. Terus semangat untuk tetap memperjuangkan mimpi kita hingga mimpi itu berbuah menjadi kenyataan.

Ayo sebrangilah!
You can do it!

Kalimat penutup ini bermakna, ayo beranilah untuk hadapi tantanganmu, kamu pasti bisa menghadapinya.
Jadi pada intinya lagu river ini menceritakan bahwa untuk meraih mimpi kita pasti akan mendapatkan suatu penghambat atau rintangan. Namun, penghambat atau rintangan itu harus tetap kita lewati jika benar-benar ingin meraih mimpi itu. Cara melaluinya adalah dengan kita tetap kerahkan usaha keras, tidak ragu dengan impian kita, terus konsisten terhadap langkah kita untuk meraih mimpi tersebut.

Sekian, makna lirik lagu River JKT 48. Semoga ulasan yang cukup panjang ini bisa membuat kita lebih semangat lagi dan mendalami makna suatu lagu agar kita bisa terapkan pada kehidupan.
Terimakasih J




Tidak ada komentar:

Posting Komentar